Momen = Gaya x Jarak

Saya teringat sama dosen Saya. Dosen Saya untuk pertama kalinya. Saat hari pertama Saya kuliah. Kuliah di Teknik Sipil. Iya. Saya dulu anak teknik. Sebelum banting setir jadi anak ekonomi, Saya dulu belajarnya ngitung-ngitung beban ama gambar-gambar bangunan. Saya teringat dengan Beliau. Beliau yang pada hari pertamanya ngajar angkatan Saya langsung menulis di white board:

MOMEN = GAYA x JARAK

Lalu beliau ngomong " CAMKAN KATA-KATA INI, inilah kunci kalian untuk tamat dari sini nanti."

Sampai saat ini beliau masuk dalam daftar pengajar favorit Saya. Daftar yang ada guru matematika Saya waktu SMP, guru Bahasa Inggris Saya juga waktu SMP, guru Matematika Saya waktu SMA, sama guru Les Saya yang udah mengajarkan ilmunya pada Saya dari SD sampai tamat SMP.

Pernah suatu ketika, sang bapak Dosen dengan gagahnya masuk kelas dan langsung menulis soal di papan tulis. lalu teriak " 05-058, maju ke depan. Kerjakan soal di depan". DEG. Itu nomor mahasiswa Saya dulu. majulah Saya di depan. Ambil itu spidol sambil memandang soal di papan tulis. Apa yang harus Saya lakukan dengan soal ini. Saya tidak tahu cara menjawabnya. Alhasil, Saya buat rumus baru. Yang penting semuanya masuk. Dan holaaaa........ di akhir semester Saya dapat 'D' untuk mata pelajarannya.

Saya belum bilang kenapa Saya tiba-tiba ingat Beliau. Saya ingat Beliau karena hari ini, tadi pagi. Beliau berpulang ke Rahmatullah. Karena Sakit diabetes yang sudah lama dideritanya. Ketika tahu kabarnya. Tanpa terasa sedih Saya. Berkaca-kaca mata Saya. Saya sangat menghormati Beliau.

Ir. Syahrir Arbeyn Srg,M.T.
 Selamat jalan. Semoga diterima di sisi-Nya ya Pak
......

Terima kasih atas 'D' di Statika Mekanika Bahan I dan 'A-' di Statika dan Mekanika Bahan II.